Sate Mak Syukur Padang

09.09.00

Apa yang ada dipikiran kalian mendengar kata Padang?
Nasi Padang, begitulah kira-kira jawaban semua orang. Siapa yang tak suka dan tak kenal. Selain nasi Padang yang tak kalah terkenal dengan kelezatannya adalah sate Padang.
Tak afdol bila makan sate Padang bila tak langsung di asalnya. Ada satu tempat yang harus Anda dikunjungi bila berkunjung ke Padang yaitu Sate Mak Syukur. Sate yang sudah melegenda tak hanya usianya tapi juga rasanya.
Sate Mak Syukur berada di tepi jalan raya perlintasan dari Kota Padang menuju Bukittinggi, yaitu di Padang Panjang. Tepatnya terletak di Jalan Sutan Syahrir nomor 250 Silaing Bawah, Padang Panjang.
Bofet yang terkenal dengan singkatan SMS (Sate Mak Syukur) ini telah ada sejak tahun 1941. “Mak” pada nama Bofet sate bukan berarti “Emak” atau Ibu melainkan adalah “Mamak” yang artinya adalah panggilan untuk laki-laki dewasa.
image
Mak Syukur (almarhum) adalah panggilan untuk Syukur Sutan Rajo Indah, penjual sekaligus pemilik yang awalnya menjajakan satenyanya dengan gerobak berkeliling berpuluh tahun lalu. Dan kini tak perlu berkeliling, orang ramai datang berbondong-bondong ke bofetnya setiap hari tak pernah sepi. Mak Syukur pasti tersenyum bahagia di atas sana.
image
Processed with Snapseed.
Katupek
Keistimewaan Sate Mak Syukur adalah cita rasanya. Disajikan beralas daun pisang di piring dengan potongan daging yang besar besar beserta katupek alias ketupat lalu disirami kuah kuning kunyit kental. Tak lupa ditaburi bawang goreng di atasnya. Aroma rempah langsung menguap mengisi indra penciuman. Lidah bergoyang ingin segera menyantap.
image
image
Daging yang digunakan adalah bagian punuk sapi, hal ini yang membuat daging terasa lembut tidak keras. Selain daging juga ada sate usus, lidah dan jantung sapi. Dan semua rasanya enak.
image
image
Bila berkunjung ke kota Padang sempatkanlah untuk mencicipi kuliner yang legendaris ini. Orang terkenal seperti mantan presiden, Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Ani Yudhoyono pernah datang langsung untuk mencicipi kelezatan Sate Mak Syukur.
Kamu kapan?

Sate Mak Syukur
Jl. Sutan Syahrir Silaing Bawah
Padang Panjang
(0752) 82452

You Might Also Like

0 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Subscribe